Sinis Menatap Dunia…

Peraturan Bupati Sumbawa Nomor 2 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Sumbawa Nomor 1 Tahun 2012 Tentang Perjalanan Dinas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumbawa + Link Download

Selamat siang, ketemu lagi di Bulan April sodara-sodara.
Lama juga samawaholic.com tanpa postingan. Maklumlah jadwal ngulinya lumayan padat :p
Mumpung masih hangat dari penggorengan, saya akan membagi Peraturan Bupati Sumbawa Nomor 2 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Sumbawa Nomor 1 Tahun 2012 Tentang Perjalanan Dinas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumbawa yang berdasar pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 16/2013 tentang Perubahan atas Permendagri No 37/2012 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2013. Masa mulai berlakunya di Kabupaten Sumbawa sendiri sejak tanggal 1 April 2013.
Point yang penting pada Peraturan Bupati Sumbawa 2/2013 ini adalah biaya perjalanan dinas akan bersistem at cost atau dibayar sesuai dengan kebutuhan.
Nah, perbedaan perjalanan dinas sistem at cost dengan perjalanan dinas yang kemarin-kemarin apa sih?
Sepengetahuan saya, sebelumnya pemberlakuan at cost hanya untuk komponen tiket perjalanan dinas, sementara penginapan masih menggunakan sistem lama yakni lumpsum. Pada Peraturan Bupati Sumbawa 2/2013 biaya penginapan sudah dipisahkan dari lumpsum.

Keuntungan biaya perjalanan dinas yang at cost apa sih?
Menurut Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi Perubahan sistem penggunaan anggaran perjalanan dinas ini dia klaim mampu mengurangi penyelewengan anggaran. “Dengan sistem lumpsum, penyelewengan besar, misalnya, tiket harusnya eksekutif, tapi realisasinya ekonomi.”
Sebelumnya, Badan Pemeriksa Keuangan menemukan 259 kasus yang muncul akibat penyimpangan perjalanan dinas di pemerintah pusat dan daerah yang berpotensi merugikan keuangan negara hingga Rp 77 miliar. Temuan itu berdasarkan laporan hasil pemeriksaan kinerja terhadap 14 obyek pemeriksaan selama semester I-2012 yang dilakukan BPK.
Ketua BPK, Hadi Poernomo, mengungkapkan dari total kerugian dari kasus penyimpangan perjalanan dinas tersebut, sebanyak 173 kasus dengan nilai Rp 36,87 miliar merupakan perjalanan dinas ganda dan/atau perjalanan dinas melebihi standar yang ditetapkan.
Ckckckckck, lumayan kalo dibelikan krupuk semuanya 🙂

By the way, out of context: sudahkah sodara dijahili teman atau keluarga di April Fools Day alias April Mop ini?

Download format PDF:
– Peraturan Bupati Sumbawa Nomor 2 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Sumbawa Nomor 1 Tahun 2012 Tentang Perjalanan Dinas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumbawa
– Lampiran Peraturan Bupati Sumbawa Nomor 2 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Sumbawa Nomor 1 Tahun 2012 Tentang Perjalanan Dinas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumbawa.
– Permendagri Nomor 37 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2013.

–  Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 16/2013 tentang Perubahan atas Permendagri No 37/2012 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2013.

Iklan

Tinggalkan Komeng Pliiiis. Karena komeng sebagian dari Ngeblog :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s